HomeBuku Tamukontak

Pengunjung

034584

Your IP: 18.208.126.130
2020-07-10 21:28

User Login

×

Pesan

Failed loading XML... Opening and ending tag mismatch: hr line 5 and body Opening and ending tag mismatch: body line 3 and html Premature end of data in tag html line 1

Program Studi Ilmu Hukum memiliki visi, Menjadikan Program Studi Ilmu Hukum Sebagai Pusat Perburuan Dan Pembelajaran Ilmu Hukum Yang Progresif, Responsif, Otonom, Aktual, Tradisional Dan Fakultatif (PROAKTIF) Serta Unggul Di Wilayah Indonesia Timur Pada Tahun 2020.” Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan misi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas hukum sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran hukum yang berkualitas, berorientasi pada nilai, norma, dan etika untuk meningkatkan kompetensi lulusan sebagai tenaga teoritis (akademis) dan praktisi (profesional) yang bermoraldan berbudaya.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan penulisan hukum guna mengakses ilmu hukum terbaru dan memperkaya pemahaman ilmu hukum dalam realitas kemasyarakatan.
  3. Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat demi terbinanya masyarakat sadar hukum dan membantu masyarakat yang membutuhkan kebenaran dan keadilan baik secara litigasi maupun non litigasi.

Visi dan misi PS Ilmu Hukum dan fakultas hukum sudah sejalan dengan visi dan misi Universitas Yapis Papua dimana melalui visi dan misi PS, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus berorientasi global tanpa meninggalkan potensi yang ada di Papua sehingga dicapai keseimbangan, keserasian dan selaras. Untuk itu keluaran Program Studi Ilmu Hukum harus mampu berkompetensi didaerah sendiri, regional, nasional dan internasional.

Kondisi Program Studi Ilmu Hukum saat ini dan rencana kedepan sebagai berikut :

  1. Sistem norma di perbaharui dan dibuat peraturan-peraturan baru yang belum mengatur seluruh urusan penyelenggaraan program studi, karena baru sebagian yang dibuatkan sistim normanya.
  2. kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik. Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional program studi. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi. Kepemimpinan publik berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik. Disamping itu Ka. Prodi juga menggunakan Pola kepemimpinan yang menggunakan tiga pola yaitu pola otoriter, partisipatif, dan pola delegatif harus diuatkan batasabatasannya sehingga tidak salah menggunakan wewenang yang diberikan.
  3. Sistem pengelolaan secara umum masih perlu ditingkatkan. Sistem informasi akademik pada level fakultas dan Program Studi masih dalam tahap pengembangan dan peranan penjaminan mutu pada tingkat fakultas masih perlu ditingkatkan. Perlu adanya perbaikan dalam sistem pengelolaan Program Studi, koordinasi dalam penjaminan mutu Program Studi dan pengembangan sistem informasi Program Studi. Dengan ukuran organisasi pada level Program Studi yang masih kecil akan lebih mudah untuk dilakukan perbaikan secara bertahap.
  4. Untuk saat ini walaupun ada lembaga penjamin mutu baik di universitas maupun fakultas yang dianggap telah berupaya keras melaksanakan tugasnya dalam penjaminan mutu, yang dinilai masih efektif dan efisien dalam mewujudkan visi misi program studi, hal ini dapat dilihat dengan adanya kualitas lulusan program studi ilmu hukum, namun tetap akan dibuatkan rambu-rambu berupa norma-norma dalam setiap aturan atau pedoman sehingga akuntabilitas, partisipatif, transparansi dan nilai-nilai lainnya itu dapat terwujud.

Sampai dengan tahun ajaran 2015/2016 PS Ilmu Hukum sudah delapan kali (8) kali lulusan mahasiswa sejak berdirinya tahun 2004. Jumlah lulusan sampai saat ini berjumlah 785 orang. Lama studi rata-rata di PS Ilmu Hukum 4 dengan rata-rata IPK adalah 3, 33.

Penerimaan mahasiswa baru telah dilakukan sejak dibukanya PSIH pada tahun 2004, Jumlah mahasiswa PSIH yang ditampilkan hanya dalam 5 tahun terakhir ini relative bervariasi. Hal ini umumnya dipengaruhi gencarnya PTN/PTS merekrut mahasiswa baru melalui program ekstensi, munculnya program studi yang sama pada beberapa universitas (baik negeri maupun swasta). Jumlah mahasiswa sampai aktif dengan tahun akademik 2015-2016 adalah 516 orang, dengan latar belakang sosial ekonomi mayoritas menengah ke bawah yang berasal dari berbagai daerah di Papua.

Sampai dengan tahun 2016 PS Ilmu Hukum memiliki 785 alumni. Dalam mengetahui kepuasan lulusan PS Ilmu Hukum telah melakukan program pelacakan alumni melalui:

  1. Penyebaran angket secara insidental, tujuannya untuk melacak dan menghimpun data alumni, mengetahui kepuasan alumni dan kesesuaian program pendidikan dengan kebutuhan alumni. Penyebaran angket dilakukan melaluiikatan alumni dan dosen saat kunjungan lapangan.
  2. PS akan membuat mailling list alumni untuk komunikasi dan informasi.
  3. Bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Universitas Yapis Papua (IKA-FH UNIYAP) untuk pelacakan alumni, menghimpun data alumni, mengetahui kepuasan alumni dan kesesuaian program pendidikan dengan kebutuhan alumni. Ikatan alumni juga bermanfaat untuk memberikan masukan-masukan kepada PS guna pengembangan ke depan. Selain itu dapat memberi peluang kerja sama yang strategis bagi PS sebagai penyedia sumber daya manusia.

Program Studi Ilmu Hukum hingga saat ini baru mempunyai 26 orang dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan terdiri dari 5 orang dosen tetap sesuai program studi berpendidikan S3, 10 orang dosen tetap sesuai program studi berpendidikan S2 , 1 orang dosen tetap sesuai program studi berpendidikan S1, 2 orang dosen tetap yang tidak sesuai program studi berpendidikan S3, 6 orang dosen tetap tidak sesuai program studi berpendidikan S2. Jumlah keseluruhan hingga 2016 dosen tetap sesuai program studi telah mencapai 18 orang. Dari jumlah tersebut, yang sedang mengikuti studi lanjut berjumlah 2 orang untuk S3 dan 1 orang untuk S2.

Desain kurikulum Program Studi Ilmu Hukum merupakan implementasi dari visi, misi, tujuan dan sasaran yang secara operasional yang didasari oleh nilai-nilai islam. Sistem perkuliahan yang berlaku di Program Studi Ilmu Hukum “ adalah Sistem Kredit Semester (SKS), yaitu suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program. Sementara itu semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 14-16 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, termasuk kegiatan penilaian. Satuan kredit semester adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal perminggu sebanyak 2 jam perkuliahan atau 1 jam praktek atau 4 jam kerja lapangan yang masing-masing diiringi oleh 1-2 jam kegiatan terstruktur dan 1-2 jam kegiatan mandiri.

Program Studi Ilmu Hukum mempunyai beban studi sebanyak 144 sks yang dijadwalkan dalam 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh sekurang-kurangnya dalam 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester. Perkuliahan dilaksanakan secara terintergrasi di antara mata kuliah yang ditawarkan dalam satu semester. Kuliah diberikan dalam bentuk tatap muka, diskusi, kunjungan ilmiah, praktek laboratorium, penelitian, pengembangan minat, seminar dan lokakarya.

Kurikulum PS Ilmu Hukum terdiri dari Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional. Kurikulum inti adalah Kurikulum yang berpedoman pada keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan Kurikulum Institusional yang bepedoman pada keadaan dan kebutuhan lokal serta ciri khas PS. Beban studi minimum yang harus diselesaikan oleh mahasiswa PS S1 Ilmu Hukum adalah 144 SKS yang terdiri dari 132 SKS mata kuliah wajib dan 12 SKS mata kuliah pilihan untuk kurikulum 2009 dan beban studi minimum 144 SKS yang terdiri dari 130 SKS mata kuliah wajib dan 14 SKS untuk kurikulum 2015 berbasis KKNI .

Kehadiran dosen mengajar rata-rata sudah mencapai 90 %. Sedangkan mata kuliah yang memiliki GBPP dan SAP sampai dengan tahun 2015 sebesar 87% dan belum ada buku ajar. Direncanakan jumlah kehadiran dosen mencapai 95% sedangkan mata kuliah yang memiliki GBPP dan SAP serta buku ajar sebesar 100%.

Interaksi akademik antara sesama dosen, sesama mahasiswa, maupun antara dosen, mahasiswa dan civitas akademika lainnya berjalan lancar. Kelancaran interaksi ini terutama sangat terbantu oleh adanya media komunikasi seperti telepon genggam dan internet.

Keuangan program studi dikelola secara sentralistik di tingkat institut dengan mengakomodasi semua usulan program studi. Dalam sentralisme pengelolaan ini, seluruh pemasukan dan pengeluaran diatur melalui satu pintu. Jenis dan besar pemasukan/iuran dari mahasiswa ditentukan melalui rapat senat namun sebagian besar ditentukan oleh rektorat di bawah komando Wakil Rektor II. Pemasukan yang ada digunakan untuk pengeluaran penyelenggaraan PBM (gaji pegawai, ujian-ujian, pengadaan fasilitas belajar, dan penataran) dan pengeluaran lain (ATK, biaya perjalanan, pembangunan, dan lain-lain). Dengan kata lain PS tidak mengelola langsung dana yang ada. Usulan PS ini menjadi program fakultas yang kemudian akan diusulkan ke Institusi (Universitas).

Berbagai sarana dan prasarana perkuliahan termasuk fasilitas pendukung lainnya sudah tersedia, seperti laboratorium Hukum, Laboratorium Komputer, perpustakaan, ruang kuliah representatif, laptop, LCD/infocus, dan lain-lain. Selain itu, juga tersedia fasiltas lainnya seperti internet, musholah kampus, kantin dan lain-lain.

Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Yapis Papua “ berlokasi di Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 12 Dok V Atas Jayapura. Lokasi ini mempunyai aksesibilitas cukup tinggi dan strategis bagi para mahasiswa, mudah dijangkau dan cukup kondusif bagi proses pembelajaran karena lokasi kampusnya berada di pusat kota dengan akses yang menunjang dari 4 (empat) jalur kendaraan ke kampus yakni arah dari Angkasa, Dok 9/ Pasir II, Kota Jayapura dan Abepura.

Untuk melayani kebutuhan mahasiswa yang berkaitan dengan administrasi akademik telah dikembangkan sistem komputer on line antar program studi melalui Sistem Informasi Akademi Kemahasiswaan (SIMAK) Uniyap Jayapura guna memudahkan mahasiswa mengakses data tentang hal-hal yang berhubungan dengan administrasi umum, keuangan dan akademik. Informasi yang dapat diakses oleh mahasiswa antara lain: matakuliah yang ditempuh dalam KRS, daftar IP dan IPK, nilai dalam DNS, jadwal mata kuliah, dosen pengasuh, kalender akademik dan lain-lain.

Penelitian dosen PS dalam tiga tahun terakhir (2013–2015) berjumlah 30 penelitian. Di mana tahun 2013 berjumlah 9 penelitian, 2014 berjumlah 10 penelitian dan 2015 berjumlah 11 penelitian, jumlah peneliti yang kurang disebabkan sebagian melakukan studi lanjut sehingga dosen yang masih ada sajalah yang melakukan penelitian. Jumlah ini dirasakan sangatlah kurang, disebabkan karena jumlah dana yang disediakan sangatlah kurang. Karena sebagian besar berasal dari alokasi dana lembaga, oleh sebab itu disadari penting adanya keikutsertaan dosen dalam kompetisi hibah bersaing dan kepekaan fakultas maupun program studi dalam melakukan kerja sama dengan lembaga pemerintah, swasta baik dalam negeri maupun diluar negeri.

Program studi memunculkan jurnal nasional berupa jurnal ilmu hukum Legal Pluralism pada tahun 2011. Guna memenuhi kebutuhan dosen akan pengurusan pangkat akademik maka direncanakan di tahun 2020 jurnal ilmu hukum Legal Pluralism di ajukan untuk diakreditasi minimal B. Sedangkan karya dalam bentuk buku yang ber ISBN saat ini dalam proses penyuntingan sebanyak lima (5) dosen .

Sedangkan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat masih berharap dari anggaran universitas dan Bawaslu Provinsi Papua serta DPR Papua sebagai tenaga ahli.

Dalam 3 tahun terakhir tidak ada judul PKM yang dipublikasi. Hasil PKM hanya dibuat dalam bentuk laporan yang diberikan ke Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNIYAP dan tidak dipublikasikan.

Selama tiga tahun terakhir ini program studi telah melakukan kerja sama dengan berbagai institusi pemerintah, swasta, BUMN, BUMD, dalam negeri maupun luar negeri, maupun lembaga penegak hukum dan profesi hukum guna mewujudkan tridarma perguruan tinggi. Kerja sama tersebut berupa pendanaan, shering informasi, sosialisasi, kompanye sadar hukum dan lain-lainnya

Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal

Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal

Yayasan Pendidikan Islam di Tanah Papua dan Univesitas Yapis Papua menyelenggarakan Training Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal bagi...